Cara Agar Rumah Aman dari Pencuri

Rumah merupakan tempat tinggal kita, sekaligus tempat berteduh dari teriknya sinar matahari dan hujan, yang mana orang sering bilang, rumahku istanaku.

Dengan adanya rumah ini kita bisa melakukan segalahal, khususnya tempat penyimpanan barang barang' kebutuhan sehari hari, seperti" kulkas, tv, handpon, laptop, perhiasan dan barang berharga lainya.

Terus yang jadi pertanyaan,
Apakah barang barang berharga yang di simpan di rumah bisa hilang..?

Jawabanya bisa' yaitu dengan adanya pencuri (maling), yang selalu neneror dan menunggu pada saat sobat lengah, baru mereka beraksi.

www.caradwol.blogspot.com

Berikut adalah keadaan rumah yang sering di satronin atau di incar maling / pencuri.

Rumah yang di tinggal penghuninya.
Rumah ada penghuninya tapi tidur.
Rumah ada penghuninya tapi pintu terbuka.
Rumah baru ( baru pindah rumah)
Rumah yang ada barang mewahnya.
Rumah yang jauh dari keramaian (di tengah hutan, tengah pekaranagan, dan tengah sawah).

Nah, pada kesempatan yang baik ini saya akan menuliskan atau berbagi Cara, bagai mana agar rumah aman dari maling. Yuk kita mulai saja pembahasannya.

Cara Agar Rumah Aman dari Pencuri



Halal yang perlu di lakukan agar rumah aman dari pencuri atau maling adalah,

1. Mengunci pitu


Setiap ada aktifitas yang mana sobat, tidak fokus ke pintu, atau dalam arti tidak terjangkao oleh sobat, seperti"

  • Sedang mencuci di belakang.
  • Sedang mandi.
  • Mau tidur
  • dan lain sebagaunya.


Alangkah baiknya pintu di kunci, agar lebih amanya lagi sebaiknya, pada permukaan pintu bagian dalam di beri kunci tambahan, pada tiap sisi pintunya, kasih saja kunci slot atau gembok. Jadi biasanya maling mencoba membuka pintu dengan membobol kunci utama saja. Dan rumah tetap aman walopun sobat ketiduran di dalam.

2. Membuat pintu teralis besi pada pagar teras.


Dalam halini, sangat di sarankan agar si pencuri tidak langsung berhadapan dengan pintu utama sobat, dan apabila maling beraksi, mudah terlihat orang terdekat, misalkan"

  • Si pencuri sedang membukak kunci tralis,,kalo ada orang di jalan pasti nglihat.
  • Ketika sipencuri mau lompat, juga pasti terdengar tanda tandanya, atu kelihatan tetangga juga.
  • Selain aman dari maling, tanaman atau bunga di pot juga aman dari serangan kambing, apabila teras rumah diberi pintu tralis.


3. Menaruh sendal di luar


Maksudnya" apabila sobat mau berpergian, baik itu keluar kota, liburan, atau pulang kampung, sebaiknya sisakan sendal 1 atau 2, utuk di taruh di luar, tepatnya di depan pintu persis.

Terus tujuanya untuk apa..?

Tujuanya agar setiap maling yang mau menyatronin rumah sobat mengurungkan niatnya, karena dengan adanya sendal di depan pitu, di kira rumah itu ada penghuninya.

4. Memasang lampu otomatis di teras rumah


Kebanyakan penghuni rumah, dalam meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Biasanya lampu di nyalakan terus, dalam waktu yang sangat lama, dari malem sampai ketemu malem lagi.

Sehingga siang pun lampu pasti nyala kalo tidak di putar bolamnya oleh tetangga.

Atau sebaliknya, malahan lampu tidak di nyalakan, takut katena nyala dengan waktu yang cukup lama, bolam lampu putus, bisa mengakibatkan konsleting pada listrik, terus kebakar.

Terus, apa hubunganya dengan pencuri atau maling, mas..?

Pencuri biasanya sudah menghafalkan, tanda tanda rumah itu kosong, dalam arti tidak ada penghuninya. Yaitu salah satunya dengan menyalanya lampu pada siang ataupun malam hari terus menerus, selama lebih dari 2 hari.

Dengan sobat memakai lampu otomatis, tentunya' lampu itu akan mati pada siang hari dan menyala pada malam hari. Sehingga maling tidak menyangka, kalo ternyata' rumah sobat tidak ada penghuninya.

Oya, sekarang sudah banyak lo, pitingan lampu yang sudah di lengkapai dengan sensor otomatis, tentunya tersedia di tempat toko lampu.

5. Jendela di pasang teralis besi


Selain pada pintu, pencuri juga kerap masuk kerumah dengan menjongkel jendela. Utuk mencegah terjadinya hal sedemikoan rupa, maka sebaiknya jendela dipasang teralis besi dengan kapasitas bahan yang kuat , kalo bisa dari baja.

Sehingga si pencuri tidak bisa masuk ke rumah kita, dan barang barang berharga aman dari tangan yang nggak bertanggung jawab ( malaing).

6. Memasang CCTV baik asli maupun palsu.


Memang kalo cara yang satu ini cukup terbilang mahal, harga CCTV juga cukup terasa menguras isi dompet kita, tapi demi keamanan yang mungkin lebih mahal dari pada sekedar CCTV, apa salahnya kalo sobat lebih mempertimbangkanya lagi.

Kalo bukan yang asli yang tiruan juga bisa di pasang, ini bisa mengelabuhi sang maling, dan membuat dia takut terekam kamera CCTV.

7. Jangan tinggalkan kunci sembarangan.


Banyak orang yang tledor dengan meninggalkan kunci sembarangan di bawah kesed, di dalam pot, atau di atas pintu, yang pada dasarnya maling atau pencuri ini lebih paham dan lebih tau tempat penyimpanan kunci.

Lebih bagusnya kunci di bawa apabila berpergian, apabila dalam 1 rumah orangnya lebih dari 1, sebaiknya kunci di doblikat sob. Jadi tidak ada kemungkinan rumah sobat kecurian di akibatkan kunci yang di tinggal di bawah kesed.

8. Memelihara hewan penjaga.


Utuk memberi tanda apabila ada orang yang mendekati rumah sobat, sebaiknya peliharalah hewan penyjaga, terserah apa aja yang penting bisa berbunyi, apabila ada orang yang mendekat. Tapi harus di ingat setiap bunyian hewan sobat harus konsisten utuk menengok, janagan sampai yang hilang malah hewan peliharaanya.

9. Membersihkan halaman rumah saat mau di tinggal


Dengan membersihkan rumah, khususnya pada halaman rumah, membuat rumah jadi bersih seolah olah ada penghuninya.

Karena salah satu tanda rumah tidak ada penghuninya yaitu, halaman rumah kotor dan banyak dedaunan.

Atau bisa juga menyewa tukang sapu untuk menyapau halaman saat di tinggal pergi.

10. Menyewa keamanan ( sapam )


Langkah yang tepat adalah menyewa keamanan, atau mempekerjakan sapam. Tapi ada satu hal yang perlu di catat, saat sobat mempekerjakan sapam, yaitu harus ada perjanjian tertulis di atas kertas, dengan di saksikan minimal 6 mata.

Yang isinya apabila ada kehilangan ataupun apa apa di tanggung sapam tersebut, sehingga sapam kerjanya lebih serius.

11. Menitipkan pada tetangga terdekat.


Salah satu yang bisa bikin rumah kita aman dari pencuri yaitu menitipkan rumah ke tetangga yang sudah kenal dan dekat.

Sehingga tetangga bisa sering mengontrol , atau paling tidak menengoki rumah sobat, dan apabila melihat ada maling tinggal teriak, ana maliing, langsung orang 1 Rt datang.

12. Mengadakan ronda malam.


Ini yang sering di anjurkan pemerintah, dan kebanyakan di abaikan oleh orang orang yang kurang paham bahwa ronda malam itu penting.

Ada orang yang kalo di suruh ronda ngomongnya,," buat apa ronda, enakan tidur tidak ngantuk, lagian kan sudah ada sapam" ( kalo ada).

Nah namanya sapam juga manusia, pasti ada lengahnya, apabila dia tertidur atau bagaimana, sehingga maling bisa menelusup masuk.

Tapi apabila kita berjaga secara bergilir tentunya kita tetap fres, soalanya dengan adanya orang 1 rt, kalo di bikin 7 grup atau lebih, kan kita jaganya cuman 1 minggu sekali. Tapi biasanya 1rt kan banyak jadi bisa lebih banyak lagi di bikin grup roda.

Apabila suatu kampung anggotanya rajin roda pastilah kampung tersebut aman, asalkan jangan tawuran.

Saya rasa sekian dulu artikel tentang, "Cara Agar Rumah Aman dari Pencuri" dari saya semoga dengan cara ini rumah kita jadi aman dan informasi Cara dari saya ini bisa bermanfaat buat sobat semua, atas perhatianya saya ucapakan terimakasih.

Related Posts:

2 Responses to "Cara Agar Rumah Aman dari Pencuri"

  1. Wahhh kalau udah niat mencuri, cara yang dilakukan pun pencuri memiliki seribu cara untuk membobolnya :(

    BalasHapus